Monday, 26 October 2015

Arti pentingnya Organisasi dan Metode




I.                   Pengertian Organisasi
Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki visi dan misi yang sama demi tercapainya tujuan yang diinginkan. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai wadah atau tempat berkumpulnya orang-orang untuk memanfaatkan teknologi atau sumber daya yang ada di bumi. Contohnya memanfaatkan uang, material,lingkungan dan lain-lain.
Tujuan organisasi itu sendiri yaitu sebagai alat pemersatu perbedaan-perbedaan yang akan berubah menjadi persamaan-persamaan yang mengakibatkan kemajuan bagi organisasinya. Organisasi yang dianggap baik yaitu organisasi yang diakui oleh masyarakat.
Bukan diakui dengan cara patuh karena takut kepada organisasi, melainkan disegani karena organisasi tersebut dapat berguna bagi masyarakatnya dengan memberikan kontribusi seperti mengambil sumber daya untuk memajukan masyarakat dengan cara mengurangi pengangguran.

II.                Hubungan Manajemen dan Organisasi
Antara manajemen dan organisasi terdapat keterkaitan yang erat yaitu untuk mencapai suatu tujuan maka akan dibutuhkan kerja team atau berorganisasi. Seperti contohnya di dalam suatu perusahaan, seorang manajer membagi tugas kepada anggota team yang berjumlah 10 orang, ia memberikan tugas pada 2 orang anggotanya untuk menulis, 2 orang berikutnya diberikan tugas untuk mengedit, dan begitu seterusnya sehingga menjadikan kerja sama team yang solid antara manajer dengan organisasi.

III.             Hubungan Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja sendiri dapat diartikan sebagai suatu cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
Sehingga hubungan antara manajemen dan tata kerja yaitu untuk menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia. Dengan kata lain proses kegiatan dapat disusun perencanaan kerjanya, sehingga terkoordinir dalam membentuk sekumpulan manusia dalam sebuah organisasi demi tercapainya suatu tujuan.

IV.             Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja adalah untuk tercapainya sebuah tujuan. Dengan manajemen sebagai proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antara manusia satu dengan manusia lainnya, organisasi sebagai alat pencapaian tujuan dan sebagai alat bagi pengelompokkan kerja sama, dan tata kerja sebagai metode bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan dari ketiganya tercapai secara efisien.

1 comment: